Label

Senin, 14 Maret 2016

Setting Printer Server dengan modem Option GlobeSurfer X.1 di Windows 10

Assalamu'alaikum....

Berawal dari teman saya yang sering mengunjungi situs jual beli online, saya jadi ikut tertarik melihat-lihat juga situs-situs tersebut tetapi tidak berani beli online karena takut ada penipuan (musal sudah transfer tapi barang gak terkirim, barang tidak sesuai dengan gambar, dsb). Namun saya mencoba memberanikan untuk belanja 1 barang elektronik karena tergolong murah dan banyak fungsinya. ya itu adalah Modem wifi router+print server Option GlobeSurfer X.1.



Saya belanja online dari jaknot dan pemberitahuan teman saya tersebut karena terpercaya. saya coba dan ternyata barang terkirim 1 hari kemudian setelah transaksi (jakarta-->bandung). colokan USB saya coba untuk modem dengan menggunakan modem Option XY GSM bisa, untuk flasdisk juga bisa. tetapi untuk printer ternyata tidak semudah untuk modem dan flashdisk. Mesti disetting terlebih dahulu pada komputer kita.

Saya sampaikan terimakasih kepada techknow yang telah memberikan informasi tentang Option GlobeSurfer X.1 dan shop.okeguru yang memberikan sharing setting printer dengan modem Option tersebut

Langsung saja, langkahnya sebagai berikut:

1. Ketentuan : di PC/Laptop sudah terinstal driver printer yang akan dicolokkan di Option GlobeSurfer X.1 (saya gunakan printer HP deksjet 1010)
2. konekkan PC/laptop dengan Wifi Option GlobeSurfer X.1
3. kemudian buka Start button -> Control Panel -> Device and Printer
4. klik Add Printer, maka secara otomatis windows akan search

5. pilih The printer that I want isn't listed akan muncul jendela "find a printer by other options"

6. pilih Add a printer using a TCP/ip address or hostname, lalu klik next


7. muncul jendela "Type a printer hostname or IP address" isi dengan:
- Device type : TCP/IP Device
- Hostname or IP address : 192.168.1.1
- Port name : (otomatis nama sesuai hostname, tapi juga bisa ddiganti nama sesuai keinginan)
- biarkan ceklist "query the ..."

lalu next
8. muncul jendela "Detecting TCP/IP port"

9. lalu muncul jendela "Additional port information required"
- Device Type pilih custom, lalu klik setting
- muncul jendela port setting, perhatikan:
a. Protocol : Raw
b. Port Number 9100 (sesuai pada home modem)
lalu Next
Setelak di klik custom
Tampilan User guide modem


10. Muncul jendela "Detecting the driver model..." tunggu beberapa detik

11. akan tampil jendela "Instal the printer driver"
- kolom manufacturer : HP
- kolom printers : HP Deskjet 1010 series
(sesuai printer saya, kalo printer anda berbeda silahkan cari jenis dan tipe sesuai printer anda)
lalu next

12.  muncul jedela pertanyaan, Next aja

13. lalu muncul jendela Type a printer name
- Printer name HP Deskjet 1010 series (defaultnya), jadi saya ubah namanya
lalu Next
 
14. muncul jendela printer sharing (terserah mau sharing atau tidak)
- tetapi meskipun tidak disharing, laptop/pc lain bisa konek printer asal juga diset seperti ini.
- jika dishare maka PC/laptop kita mesti standby (PC/laptop lain tidak perlu setting seperti ini)
lalu Next

15.  untuk cek klik "Print a test page" kalo tidak, langsung Finish




Sekian dan Terima Kasih....

Wassalamu"alaikum Wr. Wb.