Label

Rabu, 04 Mei 2016

Setting Globe Surfer X.1 sebagai Router

Assalamu'alaikum...


Lama tidak update karena memang penyakit "malas" melanda dan juga di ikuti oleh ujian kuliah yang bertubi-tubi sehingga tidak sempat untuk klik ini blog..

Sebelum saya akan menjelaskan cara atur/setting modem glober surfer x.1 sebagai router dari modem indi (fiberhome), saya ingin CURCOL sedikit.

Hal ini ingin saya tulis karena saya memiliki modem Globe Surfer X.1 dan kemarin telah saya coba sebagai print server bisa lihat disini caranya. Kemudian muncul dalam benak untuk penguat signal (routing) dari modem indi (fiberhome) karena lokasi kamar jauh dari server (modem) yang ada di kamar teman. (maklum anak kos, untuk berinternet kalo tidak cari gratis kadang saling galang dana he...)



Akhirnya saya tarik kabel LAN dari kamar teman ke kamar saya. trus saya lihat modem saya Globe Surfer X.1 yang hanya berfungsi sebagai print server saja. Saya coba LAN tadi konekkan ke modem Globe Surfer dan ikuti petunjuk dari berbagai jawaban mbah gugel ternyata gak bisa juga. Menyerah tapi juga penasaran saya ulang hingga keesokan hari, dan saya utak atik sendiri alhamdulillah Globe Surfer bisa buat router sekaligus juga sebagai "print server".

Berikut langkah2 yang saya coba dan ulang2 dan work:
1. Silahkan hidupkan PC/Laptop anda dan modem Globe Surfer X.1
2. Hubungkan modem Globe Surfer X.1 dengan PC menggunakan LAN.
*note : jangan hubungkan modem Globe Surfer dengan yang lain (dari LAN modem fiberhome/internet maupun dengan printer).
3. Masuk ke gateway modem dengan browser, default gateway modem Glober Surfer : 192.168.1.1
kemudian masukkan username: admin , dan passwordnya: admin.
4. Pada tampilan gateway klik "Adnvance mode" (tanpa tanda petik).
5. klik "network" (yang ada gambar human) kemudian pilih "lokal".
6. Ubah "router IP address : 192.168.1.xxx" (xxx silahkan diubah sesuai selera),
maka kolom primary DNS server dan Default Gateway akan berubah sama dengan router IP address
sehingga klik kolom primary DNS server hapus (kosongkan), dan klik kolom Default Gateway ubah dengan 192.168.1.1 (sesuai default gateway modem fiberhome yang nanti untuk internet). jangan lupa start IP address juga ubah mulai setelah router IP address.
7. Kemudian klik "Apply".
tunggu beberapa detik, lalu masuk lagi di default gateway Globe Surfer X.1 tapi dengan IP yang sudah diganti tadi misal : 192.168.1.2. lalu masukkan username dan passwd.
8. Ulangi langkah pada point 4 lalu klik "network" kemudian pilih "internet".
9. pilih "internet connection = WAN".
10. klik "Apply", tunggu beberapa detik.
11. lalu klik menu "basic mode" sehingga tampilan home seperti berikut, kondisi internet dari LAN moden fiberhome(internet) dan print server belum di connect.
12. Colokkan kabel LAN dari modem fiberhome ke modem Globe Surfer X.1 dan USB printer, lalu refresh page gateway tersebut (atau tekan "CTRL+R").
13. Modem Globe Surfer X.1 telah connect internet + printer. tetapi pas buat browsing "google" akan ada tulisan "request time out" he.... (karena belum sampai disini, alias berlanjut).
14. silahkan masuk "control panel" pada windows, pilih network and internet >> network and sharing center >> change adapter setting >> klik kanan "local area connection", pilih properties >> Internet Protocol Version 4 (dobel klik), atur seperti berikut.
15. lalu "OK" >> "OK", dan tunggu beberapa detik maka modem Globe Surfer X.1 bisa digunakan untuk berinternet.
16 jika konek dengan WIFI, maka atur "Wireless Network Connection" seperti poin 4.
17. lalu tinggal setting print server dengan IP : 192.168.1.2

Demikian pengalaman saya untuk setting router Globe Surfer X.1

Wassalamu'alaikum...